Indonesian Food "Terancam"


Ok, this time I'll share Indonesian food, the name is "Terancam" do you know "terancam"?
konon makanan ini merupakan makanan khas suku jawa (saya baru tau xixixi). This is one of my favourite food. I born in Kalimantan but saya mengakui kalau saya keturunan Javanese. Ya, itu dikarenakan mamake dan bapake orang jawa. Pokoknya makanan ini saya rekomendasikan sekali. Banyak versi untuk membuat makanan ini but I'll share my version. Tapi seperti biasa, gambar diatas hanya merupakan ilustrasi, lagi dan lagi saya terlupa untuk memfoto hasil masakan terancam nya. Yuk langsung aja kita cus liat bahannya apa-apa aja dan gimana cara ngebuatnya.

Bahan Utama:
  1. Kacang panjang (5 batang) 
  2. Kol (cukup beli Rp 3000)
  3. Lamtoro alias Petai cina (1 ikat)
  4. Timun (1 biji)
  5. Kemangi (1 ikat)
  6. Kecambah kecil (cukup beli Rp 2000)
Bahan Pelengkap:
  1. Kelapa parut (cukup beli Rp 2000), disesuaikan aja didaerah masing-masing yang penting gak kebanyakan.
  2. Kencur (seujung jari saja), lagi-lagi jangan banyak karena akan merusak rasa.
  3. Bawang putih (2 siung)
  4. Garam 
  5. Gula
  6. Lombok (7 biji), ini terserah aja disesuaikan selera pedas apa tidak.
Ok, langkah selanjutnya adalah membersihkan bahan utama dengan cara mencucinya menggunakan air bersih tentunya. Setelah semua bahan utama tercuci bersih barulah kita mengolahnya sebagai berikut:
  1. Potong-potong bahan utama dengan ukuran kecil dan agak sedikit tipis. Setelah semua bahan utama terpotong taruh disebuah wadah (bisa baskom).
  2. Selanjutnya haluskan kencur, bawang putih, garam, gula, dan lombok jadi satu. Haluskan nya jangan menggunakan blender tapi di-ulek pake cobek, biar citarasa khasnya masih berasa wkwkwk.
  3. Setelah bumbu halus, campurkan kelapa parut dan ulek kembali agar bumbu tadi bercampur dengan kelapa parutnya.
  4. Kemudian setelah bumbu dan kelapa parut sudah tercampur, osenglah kelapa parut terlebih dahulu kira-kira 2 menit. Ini dilakukan agar kelapa parut tidak basi sampai keesokan harinya. (ini merupakan teknik rahasia cara mengolah makanan yang berbahan kelapa parut, apapun jenis makanan itu. Sssttt... tolong jangan sebarkan rahasia ini ya hahaha). 
  5. Jika semua telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencampurkan kelapa parut yang telah dimasak tersebut kedalam wadah yang berisi bahan utama tadi. Aduk kesemua bahan (bahan utama dan bahan pelengkap) agar bercampur menjadi satu.
  6. Dan "Terancam" siap untuk disajikan.  
Oh iya lupa, "terancam" ini adalah sayuran mentah yang dicampurkan dengan kelapa, sejenis urap-urapan bedanya kalau urap sayurnya direbus terlebih dahulu sedangkan terancam semua sayurnya mentah hehehe... dan sedikit tips dari saya untuk cara penyajiannya. Terancam ini paling nikmat dimakan setelah di dinginkan dilemari pendingin (kulkas). Biasanya setelah selesai mengolah terancam, saya memasukkan terancam ke dalam kulkas terlebih dahulu baru memakannya setelah dingin ^^
And... Selesai sudah "Terancam" ala chef Koizora Hana Hahahaha (padahal aslinya yang masak nyokap, saya mah cuma ngeliat dan mengingat serta memperhatikan langkah-langkah pembuatannya hhihihihi, kali aja 5 atau 10 tahun lagi berguna buat saya). Bye bye~ sampai jumpa di lain kesempatan hehehe...

Komentar

  1. Awal denger ada makanan yang namanya "terancam" unik banget, dan lumayan suka dengan makanan yang satu ini, apalagi klo pas ke Ngawi, pasti disuguhin "terancam".

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak bener banget namanya unik, seunik makanannya memang nampaknya hehe. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

      Hapus

Posting Komentar

Thanks for your Comment

Postingan populer dari blog ini

My Sweet 18th