How to Make "Pepes Ikan" Special


Ini hanya sebuah cerita tentang koki masa depan....
Hai guys~ finally kembali lagi bersama saya calon koki masa depan buat suami dan anak-anak saya ntar *secara sekarang masih single. ehemmm!!! kode!* yaaahh.. mungkin teman-teman pada udah tau kan makanan yang bernama "pepes ikan" ini? pepes ikan ini adalah ikan (ikan apa aja) yang dimasak dengan dilumuri bumbu-bumbu ajaib kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus alias dimasak dalam panci. seperti biasa kali ini pun saya akan berbagi resep "pepes ikan" versi saya.
Saya akan menjelaskan bahan-bahan dan cara membuatnya bagaimana dengan bahasa yang mudah dimengerti agar calon-calon koki masa depan seperti saya atau untuk wanita yang baru menikah dan masih belajar masak bisa mengikuti resep dari saya ini. Banyak banget ya intronya haha, dah ah yuk langsung aja kita intip bahan dan cara pembuatan "pepes ikan" ala chef Koizora Hana *bo'ong ding resep nyokap aslinya hhihihi*.

Bahan Utama:
  1. Daun Pisang
  2. Ikan (dalam resep kali ini saya menggunakan ikan Bandeng); fyi: boleh ikan apa aja, tapi saran saya ikan patin, bandeng, layang kecil, bij nangka, laes. paling enak di pepes, ayam juga enak kok gaes di buat pepes, ya kali aja bosen di goreng ayamnya.
  3. Lidi
Bahan Pelengkap: 
  1. Bawang Merah 4 biji
  2. Bawang Putih 4 biji
  3. Kemiri 7 Biji
  4. Lombok 20 biji (bisa disesuaikan selera masing-masing)
  5. Tomat 2 buah (tomatnya banyak boleh juga ^^)
  6. Daun Serai 3 batang
  7. Kunyit (secukupnya, jangan banyak. kira-kira kalo kunyit 1 panjang itu potong setengahnya lah)
  8. Jahe (secukupnya, kira-kira < ukuran kunyit ya) 
  9. Garam 1 sendok teh penuh
  10. Gula 2 sendok makan
  11. Pepsin (secukupnya, jangan banyak sepucuk sendok pudding yg kecil lah)
  12. Belimbing Tunjuk (jika ada, kalau gak ada juga gak apa-apa kok. dan kali ini saya tidak memakai bahan ini karena tidak ada belimbingnya hehe)
  13. Jeruk Nipis 1 iris
  14.  Minyak Makan 2 sendok makan
Cara Membuat:
  1. Pertama-tama bersihkan ikan terlebih dahulu kemudian cuci ikan dengan air bersih minimal 3 kali pencucian lah setelah sisik dan isi dalam ikan dibuang.
  2. Kemudian potong daun pisang hingga beberapa bagian (disesuaikan dengan ukuran ikan)
  3. dan jangan lupa potong-potong lidi dengan pola miring (menyamping) agar runcing ujungnya.
  4. Bersihkan dan cuci bahan pelengkap (bahan 1-8)
  5. Setelah bahan pelengkap (1-8) dicuci bersih maka ulek lah ke delapan bahan pelengkap tersebut satu persatu kecuali tomat, khusus untuk tomat kalian hanya perlu mengiris-irisnya saja ya jangan ikut diulek. dan jangan lupa potong-potong kecil dulu daun serainya barulah diulek dan jangan lupa juga memasukkan garam, gula, dan pepsin sembari mengulek bahan pelengkapnya ya. atau karena sekarang udah 2016 dan pastinya para pembaca tercinta gak mau repot, ke delapan bahan pelengkap minus tomat jadi sisa 7 bahan pelengkap dan ditambah garam, gula, serta pepsin itu bisa langsung masuk blender aja. blender hingga ke semua bahan pelengkap halus *simple kan?*
  6. Setelah bahan pelengkap halus tambahkan 1 iris jeruk nipis dan 2 sendok makan minyak makan *Ssssttt... ini adalah resep rahasia yang buat pepes para pembaca beda dari pepes-pepes yang lain* 
  7. Setelah selesai membuat adonan bumbu pepes langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencampurkan bumbu pepes tersebut ke ikan yang sudah dicuci bersih tadi. aduk hingga merata.
  8. Setelah dirasa bumbu dan ikan telah menyatu kini saatnya membungkus ikan tersebut ke dalam daun pisang *pada tau kan cara membungkusnya?* jangan lupa ujung atas dan bawah ditusuk pakai lidi yang sudah di potong-potong tadi ya.
  9. dan sekarang saatnya memasukkan ikan yang sudah dibungkus tadi ke dalam panci, tapi sebelumnya udah pada tau kan ikan nya mesti masuk ke dalam panci yang diisi air sedikit kemudian atasnya ditutup pakai saringan panci, baru letakkan bungkusan pepesan diatas saringan panci dan jangan lupa tutup panci dengan penutupnya. 
  10. Tunggu 15-20 menit, sekiranya bau pepes sudah tercium harum itu tandanya pepes itu sudah matang. sekali lagi insting yang bermain *ting* hahaha gak ding bercanda. saya berpatokan ketika pepes yang dimasak sudah tercium bau harumnya itu artinya sudah matang, dan untuk meyakinkan saya tambah 3-5 menit sebelum mematikan kompor.
  11. Kini pepes siap untuk disajikan hehehe ^^
Yap, selesai sudah resep dan tahapan cara membuat pepes kali ini. semoga bermanfaat. dan untuk info, gambar di atas hanyalah ilustrasi yang saya ambil di google, lagi lagi dan lagi saya lupa untuk memfotonya. sebenarnya saya mau upload resep ini seminggu yang lalu, tapi karena koki masa depan ini ada panggilan tes kerja *maklum calon wanita karir* jadilah tertunda, hehehe. do'a kan saya kali ini lolos tes kerja sampe tanda tangan kontrak ya aamiin hehehe ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Sweet 18th